Langsung ke konten utama

Cara Membuat Database di Microsoft Access



        Mungkin masih banyak yang belum mengetahui fungsi dari Microsoft Access. Ms. Access adalah sebuah program aplikasi berbasis data komputer rasional yang ditujukan untuk kalangan perorangan atau perusahaan kecil hingga menengah. Kali ini saya akan memberitahu bagaimana caranya membuat data di Ms. Access. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat data mahasiswa baru.
1.     Pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke Ms. Acces lalu pilih Blank  Database dan klik creat dengan menuliskan nama file untuk database tersebut.

2.    Setelah tampilannya seperti ini maka klik View -> Design View ->Tabel 1 -> OK


3.    Karna saya membuat data mahasiswa baru maka saya menulis data siswa yang akan dibuat seperti pada gambar dibawah ini, apabila datanya berupa tulisan maka menggunakan text, tapi jika berupa tanggal atau waktu maka menggunakan date/time.


4.    Selanjutnya buat tabel 2 dengan cara pilih menu Creat -> Table -> View -> Design View -> Tabel 2 -> OK. dan buat menu untuk data orangtua.
6.    Setelah itu double klik pada tulisan tabel 1 atau 2 yang berada disebelah kiri dan pilih menu Creat -> Quary Design -> Table 1 diadd -> Table 2 diadd maka tampilan akan berubah seperti ini dan masukan data secara berurutan sesuai dengan yang akan kita tampilkan

7. Maka data siswa dan data orangtua akan menyatu seperti ini

9.    Setelah itu buat form dengan cara pilih menu Creat -> Form -> View -> Design View -> Maka Tampilan akan Berubah seperti pada gambar dibawah ini. Kita bisa double klik pada tulisan Query 1 untuk mengedit nama sekolah.

10.    Membuat tombol fungsi yang berguna untuk mempermudah dalam pembuatan database. Dengan cara pilih menu Design -> Button -> Klik -> Drag ke bawah maka akan mucul tampilan common button wizard. Untuk merekam data pilih Record Operation -> New Record -> Next -> Finish. Untuk menyimpan data pilih Record Operation -> Save Record -> Next -> Finish. Untuk mencari data pilih Record Navigation -> Find Record -> Next -> Finish. Untuk mengelarkan data pilih Application -> Exit/close -> Next -> Finish. Untuk lebih jelas tampilannya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

11.  Yang terakhir kita lakukan adalah mempuat report dengan cara pilih menu Creat -> Report (untuk membuat data masuk). Maka hasil dari pembuatan data yang telah kita lakukan akan menjadi seperti ini.
SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA BERHASIL☺☺☺

Komentar

  1. Bagus banget nih, sangat membantu👍

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat, mempermudah sekali .. agar tidak memasukan data secara manual..

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Bermanfaat sekali artikelnya, trmkasih😊

    BalasHapus
  5. Baru tau fungsi Ms. Access ternyata untuk database ya, bagus infonya makasi☺

    BalasHapus
  6. waaaah, bermanfaat sekali kak, terimakasih yaaa untuk informasinya...

    BalasHapus
  7. Terimakasih kak, semoga ilmu yang di share semakin bermanfaat

    BalasHapus
  8. Sangat bermanfaat, mempermudah sekali .. agar tidak memasukan data secara manual..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Rapor Otomatis di Microsoft Excel

      Apabila kita berkecimpung dalam dunia pendidikan tentu kita akan bertemu dengan yang namanya rapot atau hasil belajar dari setiap siswa. Berikut adalah langkah-langkah bagaimana caranya membuat rapor otomatis di Microsoft Excel. 1.      Kita buat data di sheet 1 berupa Lembar hasil ulangan yang didalamnya terdapat kolom mata pelajaran, Kkm, angka (nilai), huruf, predikat. Berikut adalah contoh untuk kolom pada sheet 1. 2.     Di sheet 2 kita buat data untuk nomor induk siswa, nama siswa dan nilai siswa per mata pelajaran. Dengan contoh format seperti ini untuk sheet 2. 3.     Dan di sheet 3 kita buat data untuk angka dan huruf. Dimana kita buat angka sampai 100 dan huruf nya pun sampai 100. 4.     Pada sheet 2 kita block dari kolom kuning sebelah kiri pada angka 1 sampai ujung kanan bawah dan kita namai itu menjadi Leger di kolom keterangan atau yang biasa disebut dengan Name Box 5.     Pada sheet 3 kita block dari kolom kuning 1 yang berupa angka sam

Tujuan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK

Pada dasarya kebijakan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer Based Test) merupakan fenomena kemajuan teknologi yang cepat dan memberi dampak besar terhadap berbagai aspek dalam kehidupan. Salah satunya mempengaruhi kemajuan dalam dunia pendidikan di Indonesia yang mana dituntut selalu berkembang setiap tahunnya agar masyarakat indonesia mendapatkan kualitas pendidikan yang semakin baik.  Secara umum, Ujian Nasional Berbasis Komputer memberikan kemudahan bagi siswa. Salah satunya adalah menghemat waktu. Menurut UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2013, secara umum adanya Ujian (UN) bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam rangka pencapaian standar nasional pendidikan. Ujian nasional sebagai salah satu alat evaluasi belajar siswa yang digunakan untuk mengukur tingkat ketercapaian komptensi siswa yang ditinjau dari beberapa mata pelajaran yang telah ditetapkan dalam proses pembelajaran. Anies R. Bas