Langsung ke konten utama

Membuat Rapor Otomatis di Microsoft Excel



      Apabila kita berkecimpung dalam dunia pendidikan tentu kita akan bertemu dengan yang namanya rapot atau hasil belajar dari setiap siswa. Berikut adalah langkah-langkah bagaimana caranya membuat rapor otomatis di Microsoft Excel.
1.     Kita buat data di sheet 1 berupa Lembar hasil ulangan yang didalamnya terdapat kolom mata pelajaran, Kkm, angka (nilai), huruf, predikat. Berikut adalah contoh untuk kolom pada sheet 1.
2.    Di sheet 2 kita buat data untuk nomor induk siswa, nama siswa dan nilai siswa per mata pelajaran. Dengan contoh format seperti ini untuk sheet 2.

3.    Dan di sheet 3 kita buat data untuk angka dan huruf. Dimana kita buat angka sampai 100 dan huruf nya pun sampai 100.

4.    Pada sheet 2 kita block dari kolom kuning sebelah kiri pada angka 1 sampai ujung kanan bawah dan kita namai itu menjadi Leger di kolom keterangan atau yang biasa disebut dengan Name Box
5.    Pada sheet 3 kita block dari kolom kuning 1 yang berupa angka sampai ujung kanan bawah dan kita namai itu menjadi Huruf di kolom keterangan atau yang biasa disebut dengan Name Box
6.    Setelah data kumplit maka kita bisa langsung memasukkan rumus pada kolom Nama Peserta Didik dengan rumus =VLOOKUP(KOLOM NOMOR INDUK SISWA,LEGER,2). Jika bertanya 2 itu darimana jawabannya adalah angka 2 itu merupakan data leger yang beirisikan nama siswa. Setelah dienter maka akan muncul nama siswa. Dan jika kita ubah nomor induk siswa maka akan berubah secara otomatis pula nama siswa sesuai dengan data leger tersebut.



7.    Lalu pada kolom angka kita juga masukan rumus =VLOOKUP(KOLOM NOMOR INDUK SISWA,LEGER,3). Jika bertanya 3 itu darimana jawabannya adalah angka 3 didapat dari data leger yang berisikan nilai dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sesuai dengan barisan angka yang akan diberikan rumus. Jika kita akan memasukan nilai Matematika maka yang ditulis pada rumus adalah kolom nilai matematika yang ad di data leger tersebut. Setelah dienter maka akan muncul nilai dari PAI sesuai dengan nomor induk yang kita ketik. Jika nomor induk diubah maka akan berubah pula nilai yang ada dikolom tersebut sesuai dengan nilai yang didapat oleh siswa tersebut.
 
8.    Selanjutnya kita bisa terapkan rumus tersebut untuk mata pelajaran lain yang berada dibawahnya.
9.    Dan pada kolom huruf kita masukan rumus =VLOOKUP(KOLOM ANGKA atau Nilai yang akan diHurufkan,HURUF,2)
10.  Jika semua data telah dimasukkan rumusnya maka kita hanya tinggal mengetik nomor induk siswa akan langsung muncul seluruh nilai siswa secara otomatis.

SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA BERHASIL ☺☺☺
Universitas Djuanda 

Komentar

  1. Wah ternyata mudah ya buat rapot otomatis.

    BalasHapus
  2. Sangat berguns bgt ini untuk calon guru

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat😉
    Ini memudahkan para guru dalam membuat rapot

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat😉
    Ini memudahkan para guru dalam membuat rapot

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat😉
    Ini memudahkan para guru dalam membuat rapot

    BalasHapus
  6. Sangat membantu yaa, agar para guru lebih mudah dan cepat untuk buat raport buat anak didiknyaa

    BalasHapus
  7. Sangat membantu buat para guru nih, makasih ka yosan

    BalasHapus
  8. Waàw.. sekarang bikin raport jadi semakin mudah taa.. dengan menggunakan rumus vlookup

    BalasHapus
  9. Sangat membantu, karena membuat guru" lebih cepat dan mudah dalam membuat raport anak didiknya

    BalasHapus
  10. Rekomendasi banget nih buat para guru dan calon guru

    BalasHapus
  11. caranya mudah ya sangat simple👍

    BalasHapus
  12. Bermanfaat sekalii sehingga mempermudah dan mempercepat dalam pengerjaan raport

    BalasHapus
  13. oh jadi seperti ini ya caranya bikin raport otomatis, maksih banyak infonyaa

    BalasHapus
  14. bermanfaat sekaliii dapat memudahkan dalam pengisian raport..

    BalasHapus
  15. Sangat membantu yaa, agar para guru lebih mudah dan cepat untuk buat raport buat anak didiknyaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Database di Microsoft Access

        Mungkin masih banyak yang belum mengetahui fungsi dari Microsoft Access. Ms. Access adalah sebuah program aplikasi berbasis data komputer rasional yang ditujukan untuk kalangan perorangan atau perusahaan kecil hingga menengah. Kali ini saya akan memberitahu bagaimana caranya membuat data di Ms. Access. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat data mahasiswa baru. 1.      Pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke Ms. Acces lalu pilih Blank   Database dan klik creat dengan menuliskan nama file untuk database tersebut. 2.     Setelah tampilannya seperti ini maka klik View -> Design View ->Tabel 1 -> OK 3.     Karna saya membuat data mahasiswa baru maka saya menulis data siswa yang akan dibuat seperti pada gambar dibawah ini, apabila datanya berupa tulisan maka menggunakan text, tapi jika berupa tanggal atau waktu maka menggunakan date/time. 4.     Selanjutnya buat tabel 2 dengan cara pilih menu Creat -> Table -> View -> Des

Tujuan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK

Pada dasarya kebijakan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer Based Test) merupakan fenomena kemajuan teknologi yang cepat dan memberi dampak besar terhadap berbagai aspek dalam kehidupan. Salah satunya mempengaruhi kemajuan dalam dunia pendidikan di Indonesia yang mana dituntut selalu berkembang setiap tahunnya agar masyarakat indonesia mendapatkan kualitas pendidikan yang semakin baik.  Secara umum, Ujian Nasional Berbasis Komputer memberikan kemudahan bagi siswa. Salah satunya adalah menghemat waktu. Menurut UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2013, secara umum adanya Ujian (UN) bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam rangka pencapaian standar nasional pendidikan. Ujian nasional sebagai salah satu alat evaluasi belajar siswa yang digunakan untuk mengukur tingkat ketercapaian komptensi siswa yang ditinjau dari beberapa mata pelajaran yang telah ditetapkan dalam proses pembelajaran. Anies R. Bas